Website Screenshots

newsFlash

Profile Facebook Twitter My Space Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Saturday, April 23, 2011 | 8:49 AM | 5 Comments

10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Film bertema peperangan tidak sekedar memperlihatkan pada kita persaingan militer atau sengketa batas negara saja, film perang justru tema yang paling sering menarik imajinasi kita akan situasi dimana kematian bisa mendekati siapa saja bahkan tokoh utama sekalipun untuk memperlihatkan kedalaman perasaan yang ada dalam penderitaan kekalahan ataupun kebahagiaan kemenangan. Berikut 10 film perang terbaik sepanjang masa.

10. The Red Badge of Courage



Diadaptasi dari novel karya Stephen Crane yang menceritakan seorang pemuda (Audie Murphy) di tengah perang sipil yang terjadi di Amerika. Ia dipaksa melihat kengerian perang yang membawanya kepada pilihan sikap pengecut atau bertindak berani, terlebih setelah beberapa peristiwa perang merenggut nyawa beberapa orang yang ia kenal.

9. Gettysburg



Dirilis tahun 1993 dan disutradarai oleh Ronald F Maxwell, film ini berusaha menggambarkan secara total situasi perang saudara di Amerika tahun 1863 melalui sudut pandang tokoh terkemuka dari kedua pasukan antara union dan konfederasi.

8. MASH



Dibuat berdasarkan novel berjudul MASH: A Novel About Three Army Doctors karya Richard Hooker. Film ini menggambarkan sebuah unit tenaga medis berjalan di tengah berlangsungnya perang di Korea. Meski bersetting tentang perang Korea namun yang sebenarnya film ini bercerita tentang perang Vietnam.

7. Full Metal Jacket



Dirilis pada tahun 1987, film Full Metal Jacket adalah sebuah film perang yang didasarkan pada novel karya Gustav Hasford berjudul The Short-Timers. Dengan fokus cerita pada mentalitas salah satu peleton Marinir AS yang sedang mengikuti pelatihan, sehingga banyak kisah unik akan diceritakan dari masing-masing tokoh yang sedang berada di sana.

6. Saving Private Ryan



bersetting pada perang dunia dua atau lebih tepatnya ketika pasukan sekutu sedang menginvasi Normandy, Steven Spielberg mencoba membuat film penuh emosional melalui kisah satu pleton pasukan di bawah pimpinan Kapten John H. Miller (Tom Hanks) yang mencoba menyelamatkan seorang pasukan bernama Ryan (Matt Damon).

5. Battleground



Dirilis tahun 1949, Battleground adalah film yang penting untuk menggambarkan secara signifikan bagaimana kondisi psikologis para prajurit di tengah perang, sehingga tidak melulu tentang jiwa patriotik yang rela mati demi negara saja, namun menggambarkan pula situasi ketika keinginan menyerah dan melarikan diri terbersit dalam pikiran mereka.

4. All Quiet on the Western Front



All Quiet on the Western Front adalah sebuah film yang secara relistis menggambarkan situasi perang dunia pertama. Film ini diangkat berdasarkan novel karya Erich Maria Remarque dengan judul yang sama. Hingga saat ini dipilih dan dipelihara oleh United States Library of Congress' National Film Registry karena dianggap sebagai salah satu sumber sejarah.

3. The Thin Red Line



The Thin Red Line adalah sebuah "come back" yang sangat baik dari sutradara Terrence Malick setelah absen hampir 20 tahun dari karya terakhirnya "Days of Heaven". ia menulis sekenario film ini berdasarkan pada novel karya James Jones. Seorang kritikus film bernama Gene Siskel bahkan menyebut bahwa film The Thin Red Line adalah film perang kontemporer terbesar yang pernah ia lihat.

2. Paths of Glory



Dirilis tahun 1957 dengan latar belakang situasi perang dunia 1, film ini bercerita tentang Kolonel Dax, seorang komandan tentara Prancis yang mencoba melawan keputusan satuannya untuk melanjutkan serangan bunuh diri. Dax yang dituding pengecut justru berani membawa keyakinan ini ke hadapan pengadilan. Film ini sendiri diangkat dari novel berjudul sama karya Humphrey Cobb.

1. Apocalypse Now



Film ini adalah film yang akan menyimpan kenangan unik dan tak terlupakan bagi para awak di dalamnya. Film yang seolah hampir saja gagal dilempar ke pasaran karena berbagai permasalahan yang menimpa pemain dan set film dilapangan, seperti ketika Marlon Brando yang mengalami kelebihan berat, Martin Sheen yang menderita serangan jantung hingga cuaca ekstrim. Semua kisah itu dapat kita simak pada karya dokumenter Hearts of Darkness: A Filmmaker's Apocalypse. FIlm ini sendiri berkisah tentang perang Vietnam yang diadaptasi Francis Ford Coppola dari novel Joseph Conrad berjudul Heart of Darkness.

SOURCE

5 komentar:

أجوس جندرا كورنياوان said...

Subhanallah, bagus2 itu filmnya mas. sukses selalu

salam ukhuwah

haka said...

filmnya pasti top2 semua tuh...

Wahyu Budi Nugroho said...

band of brothers mana bung? saya jadi ragu, ini rate berdasarkan siapa siiich??? :D

CAPTAIN said...

:n: thanks teman2 atas komennya btw @Bung Wahyu trimakasih masukannya, band of brothers bs masuk diurutan 11 tuh. :g:

Johns said...

Behind Rnemy Lines dan Black Hawk Down juga bagus bro?
dari 10 film diatas yang saya tahu cuma Apocalypse Now dan saving private ryan doang hehe..
but nice post, saya jadi tahu?

Post a Comment

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Jurnalborneo.com
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.