Website Screenshots

newsFlash

Profile Facebook Twitter My Space Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Saturday, October 17, 2009 | 7:11 PM | 0 Comments

cita rasa susu

Cita Rasa Susu

Hampir setiap orang menyukai susu dalam berbagai olahan, naik karena khasiat susu yang baik untuk kesehatan maupun karena rasa susu yang enak. Ternyata, dalam berbagai budaya orang yang mengkonsumsi susu dengan cara yang berbeda.


Brazil

Di Brazil, ada sebuah permen yang sangat terkenal, yaitu BRIGADEIROS. Sebagian besar Brigadeiros terbuat dari susu kental manis. Brigadeiros dibuat dengan mencampurkan susu kental manis, mentega, dan bubuk coklat dalam panci yang panas. Nama bRigadeiros sendiri diambil dari nama seorang tokoh Brazil yang terkenal, yakni Brigadeiro (Brigadier) Eduardo Gomez, komandan Air Force.

Inggris




Sejak dahulu, orang-orang Inggris telah meminum teh. Namun, setelah mereka berfikir bahwa meminum teh saja itu tidak baik untuk kesehatan, maka mereka menambahkan sedikit susu untuk membuat ramuan the yang lebih sehat. Orang-orang Inggris hingga kini senang meminum teh dengan susu, bukan dengan lemon.


Filipina or Spanyol ?

Ada sebuah permen yang sangat terkenal di Filipina dengan nama POLVORON. Polvoron adalah permen susu bubuk. Polvoron terbuat dari tepung, gula, mentega, dan susu bubuk. Semua bahan tersebut dikocokdan dicetak dalam bentuk bulat atau oval.

Permen ini telah diklaim berasal dari Spanyol. Oleh karena itu, permen ini sangat popular di Spanyol, Amerika Latin atau koloni Spanyol yang lain. Diikatakan bahwa permen ini telah muncul saat masa kependudukan Amerika di Filipina.


Malaysia

Teh tarik merupakan minuman yang sering disajikan di Malaysia. Pembuatan ini adalah sengan mencampurkan the hitam dengan susu kental manis dengan dua gelas. Cara mencampurkannya pun unik, yaitu dengan menuangkan semua bahan tersebut dari satu gelas ke gelas yang lain beberapa kali hingga semua bahan tercampur dan muncul busa lembut diatas the tersebut.


Prancis

Kita semua mungkin pernah mendengar makanan yang banyak di konsumsi di Indonesia bernama Puding caramel. Ternyata, pudding jenis ini berasal dari Prancis (di Prancis terkenal dengan nama Créme Caramel). Makanan penutup ini merupakan percampuran dari telur, sugar yang dibuat caramel, dan susu.

Selain itu, ada minuman terkenal yang berasal dari Prancis, yaitu Café au lait dan Caffé latte. Kedua menu minuman ini sama campuran kopi dan susu. Lait adalah kata dari Peancis, sedangkan latte dari Itali. Pembuatan minuman ini hanya dengan mencampurkan kopi hitam dengan susu hangat. Di café, biasanya disajikan dengan menggunakan mesin espresso.

Cara penyajian kopi dan susu ini telah turun temurun dari generasi ke generasi di Eropa, tapi versi penyajian di Amerika dibuat sedikit berbeda. Di Amerika, Café au lait adalah campuran dari drip coffe dan susu hangat (dengan proporsi 2/3 kopi dan 1/3 susu), sedangkan Caffé latte adalah campuran dari espresso dan susu hangat.


India

Di India, orang-orang senang memakan penutup yang terkenal dengan nama KULFI atau QULFI. Kulfi adalah mekanan penutup beku yang terbuat dari susu kental manis, krim padat, gula, dan pasta tepung jagung. Makanan ini seperti ini, namun tidak sepenuhnya es krim, karena Kulfi lebih padat dan lama mencair.


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Jurnalborneo.com
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.