Website Screenshots

newsFlash

Profile Facebook Twitter My Space Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Tuesday, May 26, 2009 | 8:35 PM | 0 Comments

Death Poets Society



John Keating: Robin Williams

Dan Tujuh anak laki-laki, Neil Perry (Robert Sean Leonard), Todd Anderson (Ethan Hawke), Knox Overstreet (Josh Charles), Charlie Dalton (Gale Hansen), Richard Cameron (Dylan Kussman), Steven Meeks (Allelon Ruggiero) dan Gerard Pitts (James Waterston).

“Carpe Diem” sederhana tapi telah mampu menyihir sekelompok siswa melakukan perlawanan terhadap gaya disiplin yang dipraktekkan sekolah Welton. Carpe Diem sendiri memiliki arti raihlah mimpimu, demikian yang selalu dikatakan salah satu staf pengajar Mr. Keating atau akrab disapa sebagai “My Captain”. Dengan keyakinan bahwa kata-kata dan ide bisa merubah dunia, sekelompok siswa berinisiatif untuk kembali membentuk Death Poet’s Society yang tengah lama vacuum semenjak Mr. Keating lulus dari Welton, dimulai dengan seorang siswa yang menemukan buku tahunan pada angkatan My captain dan membawa mereka untuk merajut kembali kenangan Death Poet’s Society. Bagi klub ini sekolah bukanlah tempat yang tepat untuk mengembangkan diri karena hanya dalam mimpilah manusia dapat bebas. Seringkali mereka keluar di malam hari untuk mencari tempat sepi, tempat yang cocok bagi segala ekspresi mereka dari membaca puisi sampai merokok demi meraih kembali kebebasan yang terenggut setelah mereka bersekolah di tempat ini. Dari kegiatan melanggar kedisiplinan pula Charles Dalton yang menjuluki dirinya sendiri sebagai Nuwanda memiliki ide menyelundupkan artikel gelap untuk menuntut Welton menerima perempuan, atas nama Death Poets Society. Terkejut menerima pesan tersebut sang kepala sekolah kembali teringat dengan kejadian serupa pun dengan nama kelompok berandalan yang sama, tak dapat mengelak Mr. Keating menerima tuduhan sebagai dalang dari semua kejadian melecehkan sekolah tersebut. Belum lagi karena termotifasi oleh kata-kata Mr. Keating seorang siswa bernama Knox nekat bunuh diri karena ia tidak tahan dikekang oleh tiap keinginan orang tuanya. Bagaimana reaksi siswa dengan konsekuensi hukuman atas segala perbuatan mereka??

film yang sangat disarankan bagi para kritikus pendidikan sekaligus sarat inspirasi. Peran Robin Williams sebagai Mr.Keating begitu berpengaruh, tidak hanya bagi para siswa Death Poet’s Society juga bagi para penonton. Melalui puisi ia mengajarkan bahwa manusia tidak sedang membaca puisi karena sekedar bagus, tapi lebih dari itu karena kita adalah manusia, dan manusia penuh gairah. Jadi raihlah mimpimu.

Pesan Knox sebelum bunuh diri:

Ia merencanakan hidupku tapi tak pernah menanyakan apa yang aku inginkan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Jurnalborneo.com
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.